Home > Kampung Bahasa Pare > Perjalanan ke Pare

Perjalanan ke Pare

Pengalaman saya kali ini adalah menjelajahi Kota Kediri, tepatnya lagi di wilayah Pare, yakni suatu wilayah yang terkenal dengan nama “Kampung Inggris” atau “Kampung Bahasa”. Dengan berbekal brosur fotokopian tahun 2006 (tulisan dan ini dibuat tahun 2010) serta beberapa indformasi dari teman-teman yang rajin menulis di internet.

Sebenarnya keinginan untuk menuju Pare sudah tertanam dalam pikiran saya sejak tahun 2007, yakni akibat sering browsing internet mencari tempat-tempat kursus yang bisa ngejamin pandai berbahasa Inggris, ada banyak yang ketemu tapi tidak ada satupun yang jaminannya benar-benar dapat di pegang (hehe.. emang gw nya yang bloon kali yha?!). nah akhirnya ketemu tuh yang namanya “kampung Bahasa” di Pare, Kediri, Jawa Timur. Selain dari internet, saya juga mencari informasi dari mulut ke mulut, dan ternyata hasilnya tidak banyak yang tahu mengenai kampung itu, sedikit sekali yang tahu, akhirnya saya dapat juga fotokopian brosur salah satu tempat kursus di sana dari seorang teman kampus.

Nah berbekal informasi dari “brosur tua” itu dan internet, selesai siding skripsi (sekalian menunggu jadwal wisuda bulan September), sekitar tanggal 22 Februari 2010 saya langsung berangkat ke Kediri menggunakan Kereta Api (sebenarnya kereta diesel) Eksekutif jurusan Jakarta Malang. Selama dalam perjalanan yang terbayang oleh saya waktu itu adalah Pare yang mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari (padahal sebenarnya tidak seperti itu). Sesampainya di Kediri saya langsung cari tempat makan, waktu itu saya sampainya jam 6 pagi jadi emang sudah waktunya “Sumatra tengah” ini di isi hehe… . Selesai makan, saya langsung cari informasi sama warga sekitar tentang transportasi ke kedirinya, ya akhirnya dapatlah bis Puspa Indah jurusan Kediri-Malang.

Ketika naik bis ini, saya langsung dapat pengalaman pertama yang cukup malu-maluin juga hehe… Ketika naik bis (karena pendatang baru) saya langsung minta keneknya untuk menurunkan saya di Pare, nah sang kenek pun langsung menjawab “mau ke BEC ya?” katanya sok tahu.. (padahal iya sih hehe.. tapi kok tahu yha??) trus saya jawa aj langsung “iya”. Eh ternyata si kenek yang punya indra ke enam (perasaan, red) langsung ngomong pake bahasa Inggris sama saya, sontak aj saya kaget diserang mendadak si kernet (tau sendiri bahasa Inggris gw kayak cakar ayam…), yha saya jawab aja seadanya dengan bahasa Indonesia. Aduh malu juga waktu itu, saya yang baru lulus kuliah langsung dipukul KO sama si kenek bis jalanan! Di dalam pikiran saya waktu itu, “belum sampai di Pare saja sudah di hajar bahasa Inggris oleh si kenek bis, apalagi kalo sampai di sana yha? Kalo mau cari kosan nanti apa saya harus menggunakan bahasa Inggris juga kali?”. Akhirnya setelah setengah jam perjalanan, saya sampai juga di Pare dengan selamat bercampur senang! Senang karena sampai di tempat tujuan yang sudah lama ingin saya kunjungi.

Setelah sampai di tujuan, dan turun dari bis, saya langsung mencari tempat kos-kosan untuk bermalam di Pare. Selama penjelajahan dari satu rumah ke rumah, ternyata apa yang ada dalam pikiran saya tidak lah seperti kenyataannya, dari semua tempat kos-kosan yang saya kunjungi, tidak satupun diantara mereka yang menggunakan bahasa Inggris, malah bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia campur bahasa jawa. namun walaupun bahasa komunikasi antar sesama warga menggunakan bahasa lokal, kos-kosani  di sini setidaknya terbagi dalam tiga macam, yakni

  • kos-kosan biasa: menggunakan bahasa lokal sebagai media komunikasinya
  • kos-kosan English are: yakni kos-kosan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari
  • Camp : yakni kos-kosan khusus yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari, dan memiliki program khusus tambahan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

Setelah mutar-mutar mencari kosan, akhirnya saya dapat tempat juga di sebuah Camp yang cukup nyaman, dan akhirnya menetap di sini selama kursus di Pare.

lanjutannya menyusul yha!🙂

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

